13 Juli 2023

Ini Aplikasinya! Cara Mudah Kompres Foto Di Laptop

Foto saya


Dipublikasikan pada : 13 Juli 2023
Oleh : Tomo Koeswoyo

Di : Bandung, Jawa Barat, Indonesia


Deskripsi :

Cara mudah mengubah, mengecilkan ukuran, convert serta kompres foto, gambar, image format png, jpg. bmp, gif dan sebagainya to format webp tanpa online (offline) dengan hasil yang memuaskan di laptop / pc.

Bagi blogger kawakan pastinya bukan hal yang asing lagi tentang istilah kompres image foto, gambar, image, file ini tapi bagi kalian yang baru terjun di dunia blogger ini wajib tahu apa itu kompresi image itu karena ini semua akan berujung pada performa blog yang sedang kalian buat. Tentang apa itu kompres image, fungsi dan tujuannya sebaiknya ikuti penjelasannya di bawah ini.

kompres foto di laptop

Apa Itu Kompres

Ok.. sobat, sebelum kita membahas tentang bagaimana cara meng-kompresi sebuah file baik itu berupa foto, gambar dan sebagainya ada baiknya saya ingin memberikan sedikit penjelasan tentang apa itu kompres file?. Secara garis besar kompres file dapat dijabarkan sebagai berikut :

" Kompres File adalah sebuah proses untuk mengurangi, mengecilkan file yang besar menjadi lebih kecil dengan menghapus data yang tidak dibutuhkan pada file tersebut."

Fungsi Dan Tujuan Kompres File

Seperti yang telah diutarakan di atas, fungsi dari kompres file adalah mengecilkan file yang besar menjadi lebih kecil yang  bertujuan diantaranya untuk mempermudah mempercepat pengiriman, menghemat space pada penyimpanan file dsb. Dalam kaitanya dengan sebuah website, yang mana gambar foto image di dalamnya terkompresi dengan baik mempunyai peran sangat penting. Gambar foto image yang berukuran kecil tentunya sangat  memperingan, mempercepat audiens dalam  (memasuki)  halaman web tersebut.

Aplikasi Kompres File XnConvert

Untuk bisa meng-kompres sebuah file, foto, gambar dsb. tentunya dibutuhkan sebuah aplikasi. Aplikasi untuk kompres image, gambar, foto ini namanya XnConvert. Little preview-nya bisa anda lihat seperti gambar di atas. Kelebihan dari aplikasi ini selain mampu meng-kompres file hingga 7%, aplikasi ini juga terkenal kecepatannya dalam meng-kompres sebuah file. Anda bisa melakukan kompresi dalam 1 folder sekaligus. Aplikasi ini juga tidak hanya mampu men-konversi dari file berbentuk png, jpg, bmp dsb. to webp tapi juga sebaliknya. Untuk medapatkan aplikasi ini secara gratis anda bisa mengunjungi langsung ke web resmi dari XnConvert. Anda juag bisa mendapatkan aplikasi ini di mobile berbasis android. dengan kata kunci xnconvert pastinya. Kalian para blogger, webdeveloper tentunya sangat direkomendasikan untuk segera memiliki aplikasi ini di laptop, pc anda.

Cara Penggunaan Dan Setting Aplikasi XnConvert

Cara penggunaan aplikasi ini dibilang sangat begitu mudah dioperasikan. Atur / setting jenis file output yang anda inginkan (webp misalnya), pindahkan ke tabulasi input, masukkan file yang ingin dikompres / dikonversi lalu klik convert. Setting lebih lanjut untuk aplikasi ini bisa anda atur sendiri sesuai dengan keinginan anda. Tapi saya sendiri sering menggunakan setting default. Untuk gambar atau foto-foto tertentu misalnya gambar hasil screenshoot dari layar laptop untuk setting quality-nya terkadang saya turunkan hingga 10%. Walaupun demikian kualitasnyapun masih dirasa cukup bagus.

Selamat mencoba, semoga artikel ini membawa manfaat. Jangan lupa untuk berikan comment dan bagikan ke teman, group dan media social lainnya. Thank's..! 

Share :

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

About Us :

Foto ProfileTOMO KOESWOYO author dari websile / blog APA MAUMU bukanlah seorang ahli Web of Development tapi saya tertarik di bidang ini sebagai sarana untuk saling berbagi, khususnya bagi kalian yang baru memulai menekuni bidang Web of Development. Semoga apa yang saya dapat dari ketertarikan di bidang web of development, baik pengetahuan ataupun pengalaman yang kemudian saya tuangkan ke dalam sebuah tulisan pada sebuah blog / website ataupun youtube channel ini bermanfaat!